Wednesday, January 21, 2009

Tips Menggunakan Alas Bedak Atau Foundation

Seluk beluk Alas Bedak / Foundation (Tips by Oriflame)

- Sebelum menggunakan pastikan kulit wajah bener2 bersih.
- Kegunaan alas bedak : untuk menutupi bercak-bercak atau noda hitam.

Alas bedak memiliki tingkatan warna, tips memilih alas bedak yang pantas digunakan:

· warna alas bedak harus cocok dengan warna kulit wajah. Pilih alas bedak satu tingkat lebih gelap dari warna kulit untuk menutupi cacat / noda di wajah.
· Jangan memilih warna jauh berbeda dari warna kulit, misalkan ingin membuat wajah lebih putih, hal ini malah akan membuat wajah terlihat seperti topeng.
· Jika ingin mengubah warna kulit wajah, pilih alas bedak satu tingkat lebih gelap atau lebih terang. Untuk hasil yang lebih alami, gunakan campuran alas bedak gelap dan terang sampai mendekati warna kulit.
· Jika warna alas bedak satu tingkat lebih gelap, gunakan bedak dengan warna satu tingkat lebih terang dari kulit wajah agar tampak alami.

Jenis2 foundation :

· Foundation cair (liquid)
Jenis ini tergolong paling ringan. Cocok untuk pemakaian sehari-hari dan dapat digunakan pada kulit berminyak karena tidak terlalu menutupi pori-pori.
Contoh:
Matt perfect foundation SPF 8 (produk Colour by Oriflame/CBO) -> untuk kulit normal berminyak
Stay perfect foundation SPF 8 (CBO) -> untuk kulit normal kering
Sheer colour tinted moisturizer (Vision)
Ade defying foundation (Giordani gold moisturizer)

Foundation Cream
Jenis ini untuk jenis kulit normal atau kering karena memberikan efek menutupi pori-pori
Contoh: Blemish concealer cream (CBO)

· Foundation stick dan padat (cake)
Kebalikan dari foundation cair, jenis ini tergolong agak berat. Sebaiknya digunakan sebagai riasan pada pesta atau acara-acara tertentu.
Contoh: Light radiance foundation (CBO New)

Cara yang benar menggunakan Foundation :

- Oleskan alas bedak pada bagian hidung, pipi, dahi dan leher. Bukalah mulut pada saat membubuhkan alas bedak di dagu dan leher agar dibagian tersebut menjadi lebih lentur dan mudah diratakan sampai ke setiap sudut. Hal ini penting agar alas bedak pada wajah, dagu dan leher tidak tampak ada batas seperti topeng.

- Oleskan foundation searah tumbuhnya bulu untuk memperoleh hasil yang rata dan halus. Lakukan secara bertahap sedikit demi sedikit. Untuk bentuk liquid cukup dengan menggunakan tangan, sedangkan bentuk krim atau padat lebih baik dengan menggunakan spon.

- Sapukan alas bedak secara merata dan membaur, jangan digosok berulang-ulang. Gunakan spons segitiga diseputar hidung, rahang bawah dan sekitar garis dahi dekat anak rambut untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

- Agar riasan tidak mudah luntur dan tahan lama, gunakan jenis alas bedak cair atau krim yang tidak mengandung minyak (oil free).

Alas bedak yang baik adalah untuk satu kali polesan namun menghasilkan 3 manfaat:

1. Meratakan warna kulit.
Warna kulit disekitar wajah sering kali tidak rata. Foundation memegang peranan penting untuk menutupi kekurangan tersebut. Foundation dalam bentuk cair akan lebih mudah digunakan seperti:
Colour by Oriflame Foundation dan Giordani Gold Foundation.

2. Menutupi kekurangan yang ada di wajah, seperti: flek, bekas jerawat dan pori-pori yang besar. Bekas jerawat dan flek hitam atau pori-pori yang besar sangat mengganggu dalam hal memakai make-up, terutama bagi mereka yang mempunyai pori-pori besar. Selain menimbulkan kesan wajah yang selalu berminyak, pori-pori besar juga mengakibatkan kulit wajah nampak tak halus. Lapisan foundation bisa menyamarkan pori-pori besar sehingga nampak lebih kecil dan memberikan efek Matte sehingga permukaan kulit wajah terlihat lebih halus.
Produk yang disarankan: Stick foundation dari CBO dan Cover stick dari Visions.

3. Membuat tekstur wajah lebih halus dan bercahaya.
Pilihlah warna foundation yang mendekati warna kulit, sehingga tetap memberikan kesan natural. Hal ini menyebabkan rona wajah jadi terlihat lebih cerah. Apabila digunakan pada kulit wajah yang terlihat kusam dan lelah, foundation akan menutupi bayangan gelap sehingga tercipta kesan segar dan bercahaya.

Artikel Terkait:

Comente!!

Post a Comment