Wednesday, June 10, 2009


Banyak kehamilan yang terjadi tanpa perencanaan yang matang. Banyak pasangan yang merencanakan kehamilan, namun tanpa strategi dan persiapan menghadapi kehamilan yang layak. Pada kenyataannya banyak pasangan yang menganggap kehamilan adalah suatu hal yang wajar terjadi setelah memasuki gerbang perkawinan, sehingga mereka merasa tak perlu untuk membekali diri dengan berbagai pengetahuan mengenai kehamilan sebelumnya.



Pandangan yang tradisional terhadap kehamilan ini sepatutnya kita ubah, mengingat pentingnya kehamilan yang sehat bagi kesehatan ibu dan bagi masa depan kesehatan anak kelak.



Kelebihan kehamilan yang direncanakan:



1. Dengan mencapai berat tubuh ideal sebelum kehamilan akan membuat kehamilan lebih mudah dan dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seumur hidup kepada anak kelak.

2. Dengan mengkonsumsi Asam Folat sejak sebelum kehamilan akan dapat mencegah kelainan lahir pada anak.

3. Dengan penanganan kesehatan sebelum kehamilan akan dapat mencegah berbagai komplikasi.



Bila kita sedang merencanakan kehamilan, kita perlu mengubah kebiasaan sekarang dan jangan menunggu sampai kehamilan terjadi. Kebiasaan adalah suatu hal yang sulit untuk diubah, sehingga semakin dini kita mencoba mengubahnya dengan mengkonsumsi pola makan sehat, mengurangi kebiasaan hidup yang tak sehat dan meningkatkan tingkat kesehatan pribadi, akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat pula.



Alasan berikutnya adalah ketidakpastian akan kapan akan terjadi kehamilan. Bila kita sudah berada dalam fase mengupayakan kehamilan, kehamilan bisa saja terjadi segera atau memakan waktu. Sementara kita baru akan mengetahuinya setelah kehilangan satu periode datang bulan dan melalui tes kehamilan. Sampai saat itu kita tidak akan tahu bila kita sudah hamil satu atau dua minggu. Padahal saat satu dan dua minggu ini sangatlah kritis bagi penentuan kesehatan bayi kita, karena bisa saja terjadi kita tak mengkonsumsi makanan yang sehat atau memakai/berada di tempat yang mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan bayi selama periode ini.





I. Capailah Berat Badan Sehat Sebelum Kehamilan


Berat badan memegang peranan penting di dalam pencapaian kehamilan yang sehat. Perempuan dengan berat badan kurang mempunyai resiko untuk mendapatkan kelahiran bayi premature atau kelahiran bayi dengan berat badang kurang dari rata-rata. Sementara perempuan dengan berat badan berlebih mempunyai resiko akan komplikasi selama kehamilan, kesulitan selama melahirkan dan bayi dengan berat badan lebih dari rata-rata. Masing-masing kondisi ini akan mengakibatkan kemungkinan akan bayi yangakan memiliki masalahkesehatan dimasa depannya.



Untuk itu perlulah kita mengambil patokan dengan melihat Indeks Masa Tubuh (BMI) yang merupakan rasio dari berat bedan dibandingkan dengan tinggi badan. Indeks Masa Tubuh kurang dari 19,8 adalah kurang berat bedan, 19,8-26 adalah berat tubuh sehat, 26-29 adalah berat badan berlebih, dan lebih dari 29 adalah kegemukan.



Capailah berat badan sehat sebelum memulai mengupayakan kehamilan. Bicarakanlah dengan dokter mengenai rencana persiapan kehamilan ini untuk mendapatkan persiapan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi masing-masing.



II. Perempuan dengan Berat Badan Kurang



Biasanya bagi perempuan lebih mudah untuk menambah berat badan daripada untuk menguranginya. Namun pada kondisi tertentu hal ini tidak berlaku. Perempuan yang menjadi kurang berat badannya karena Pola Makan yang ekstrim, kelainan makan atau yang gaya hidupnya sangat atletik, biasanya menjadi sangat sulit untuk menambah berat badan.



Dengan menambah berat badan pada kelompok ini akan menambah kemungkinan berhasilnya upaya kehamilan. Apalagi janin di dalam kandungan sangat membutuhkan suplai makanan dan nutrisi yang cukup.

Bagi yang mempunyai masalah ini, pikirkanlah untuk menambah jumlah nutrisi asupan secara bertahap. Bagi yang bermasalah karena gaya hidup yang terlalu atletik, moderasikan kegiatan olahraga sehingga energi yang keluar tak melebihi kalori yang masuk. Bagi yang mempunyai masalah pola makan, sebaiknya menangani masalah ini ini konseling atau treatment sebelum kehamilan.



III. Perempuan dengan Berat Badan Berlebih dan Kegemukan



Kelebihan berat badan bukan hanya menjadi masalah kosmetik, namun dapat mengarah kepada kondisi kesehatan yang serius seperti Diabetes, Masalah Jantung, Stroke, Kencing Batu, Masalah Pernafasan dan Arthritis. Pada perempuan juga dapat mengacaukan menstruasi dan menyebabkan masalah ketidaksuburan. Pada kehamilan dengan berat badan berlebih, masalah pada kehamilan yang biasa ditemui adalah Gestasional Diabetes, Tekanan Darah Tinggi, Komplikasi Persalinan dan Persalinan dengan Bedah Caesar.



Bila kita termasuk kelompok ini, berusahalah mengurangi berat badan hingga mencapai berat badan sehat. Mengurangi 10 % saja dari berat badan kita akan mempertinggi kemungkinan berhasilnya pembuahan dan mengurangi resiko janin untuk menderita penyakit kronik dan berbagai masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.



Hindari melakukan berbagai diet ekstrim selama kehamilan, hindari mensuplai berbagai pil pengurus atau mengkonsumsi berbagai obat pelangsing utnuk mencapai berat ideal dengan waktu singkat. Hindari pula berbagai diet atau pola makan yang sedang trend, mengurangi makan tanpa supervisi dari dokter. Sangat tidak dianjurkan untuk memulai kehamilan dengan kondisi tubuh yang lelah akibat berbagai diet, nutrisi yang kurang atau olahraga yang berlebihan.



Usahakan untuk memfokuskan diri pada pola makan yang sehat, sehingga meskipun secara general tidak ada pengurangan berat tubuh yang menyolok namun kondisi nutrisi tubuh jauh lebih sehat dari pada sebelumnya. Juga perlu diingat bahwa menanamkan kebiasaan pola makan yang sehat memerlukan waktu yang lama.





IV. Konsumsi Asam Folat setiap Hari



Konsumsi Asam Folat yang cukup perharinya merupakan kewajiban bagi setiap perempuan dalam usia subur. Perharinya diperlukan 600 mg perhari (400 mg dari suplemen dan 200 mg dari makananyang disantap).



Konsumsi Asam Folat ini harus dimulai sebelum kehamilan terjadi. Asam Folat memegang peranan sangat penting di dalam pembentukan dan pertumbuhan janin. Kekurangan Asam Folat dapat mengakibatkan kelainan bawaan pada otak dan tulang belakang dan sistem syaraf janin.



Makanan yang banyak mengandung Asam Folat antara lain:
Cereal

Chick Peas

Bayam

Slada Romaine

KacangMerah

Jus Orange

Daun Hijau



V. Konsumsi Zat Besi


Tubuh kita menyimpan zat besi dalam jumlah terbatas. Perempuan dalam usia subur kebanyakan kekurangan zat besi ini yang hilang bersama dengan menstruasi setiap bulannya.



Kekurangan zat besi yang parah ditandai dengan timbulnya; rasa lelah, kegusaran/uring-uringan, lemas, dan nafas yang pendek. Dokter akan dapat memeriksa apakah ibu hamil terkena anemia atau tidak dengan memberikan test hemoglobin atau hematokrit. Lebih spesifik lagi dapat diberikan test menggunakan serum feritin atau Total Kapasitas Ikat Zat Besi.



Bila tak dianjurkan oleh dokter tidak perlu mengkonsumsi suplemen zat besi sebelum kehamilan. Namun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dalam dua atau tiga porsi makanan per harinya.



Zat besi dapat diperoleh melalui:
Daging merah atau daging olahan dengan tambahan zat besi

Cereal dengan tambahan zat besi

Kacang-kacangan

Beras Merah



Juga dapat dikombinasikan dengan makanan atau minuman dengan kadar vitamin C yang tinggi yang akan membantu penyerapan zat besi, yaitu a.l:

Jeruk, jeruk nipis, lemon, paprika merah, starwberri, brokoli dan kol.



VI. Perbaiki Pola Makan



Makan lebih banyak:

a. Biji-bijian utuh, termasuk roti, pasta, cracker, dan aneka panggangan yang berasal dari tepung gandum utuh atau bijian utuh seperti beras merah, barley, oat, millet, quinoa, dan jagung.

b. Buah dan Sayuran

c. Makanan tinggi Protein dan Rendah Lemak, seperti daging tanpa lemak, produk susu bebas atau rendah lemak, protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, biji-bijian.

d. Lemak Tak Jenuh, seperti lemak nabati, minyak sayur, minyak bunga matahari, minyak zaitun, minyak kacang, minyak kedelai dan minyak ikan.



Kurangi:

a. Biji-bijian olahan,

b. Lemak Jenuh, biasanya ditemui pada daging dan produk susu.

c. Lemak Transgenik, ditemui pada produk olahan margarine, maupun produk yang menggunakan hidrogenated lemak seluruhnya atau sebagian.

d. Minuman Bergula, seperti soda dan aneka minuman dengan tambahan gula. Pilihlah jus buah 100 % atau susu skim.

e. Berbagai Pemanis Buatan dan Tambahan.



VII. Capai Tingkat Aktifitas Sehat



Berbagai olahraga dapat dilakukan di dalam keseharian kita, baik dengan berolahraga di pusat-pusat kebugaran, di gym, mengikuti kelas yoga, aerobik atau dengan melakukan jogging, jalan di sekitar tempat tinggal, naik-turun tangga, naik sepeda, atau aneka senam melalui video, TV atau DVD.



Apapun olahraga yang kita lakukan, bila dapat membuat kita berkeringat dan mempercepat denyut jantung=cardiovascular exercise, bagus untuk kesehatan kita. Sedangkan olahraga bebannn akan membantu mempertahankan bentuk otot dan meningkatkan kekuatan.



VIII. Pupus Kebiasaan Hidup Tak Sehat



Bagi mereeka yang masih :

1. Merokok

2. Mengkonsumsi alcohol

3. Menyalahgunakan obat-obatan



agar segera menghentikan kebiasan tersebut dan memulai pola hidup yang sehat.



IX. Segera Tangani Masalah Kesehatan

Bagi siapapun yang bermasalah kesehatan, segeralah tangani masalah kesehatan masing-masing di bawah pengawasan dokter sebelum memulai kehamilan.



Penanganan kesehatan yang tepat akan dapat menghindarkan berbagai masalah kehamilan seperti gestasional diabetes, tekanan darah tinggi selama kehamilan dan preeclampsia.





X. Tingkatkan Kesuburan dengan Nutrisi



Banyak pasangan yang mudah mendapatkan kehamilan, banyak pula yang sukar mendapatkannya. Ketidaksuburan dapat berasal dari salah satu pihak, dari kedua belah pihak, dan dari akibat yang tidak diketahui.



Nutrisi yang baik akan dapat meningkatkan kesuburan, meskipun tidak terfokus kepada satu atau dua jenis makanan tertentu.



Meskipun seringkali perempuan yang dikambinghitamkan sebagai sumber ketidaksuburan, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kesuburan laki-lakipun menurun secara umum.



Meningkatkan kesuburan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin D, selenium dan Vitamin B12, termasuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, biji-bijian dan daging rendah lemak.



XI. Perencanaan Kehamilan



Bila semua aspek di bawah ini terpenuhi, berarti kita telah siap untuk mengupayakan kehamilan yang terencana:



1. Mempertahankan berat badan sehat

2. Mengkonsumsi Asam Folat sekali perhari

3. Mengkonsumsi makanan bergizi bervariasi setiap harinya

4. Memilih Lemak Tak Jenuh dan menghindari Lemak transgenik

5. Mengkonsumsi makanan manis sekedarnya, mengurangi gula, pemanis

tambahan dan tepung olahan.

6. Menguragi Kafein, berhenti mengkonsumsi alkohol, tidak menyalah

gunakan obat-obatan.

7. Membicarakan rencana kehamilan dengan dokter dan menangani masalah

kesehatan sebelum mengupayakan kehamilan.



Semoga tercapai kehamilan yang sehat dengan bayi yang sehat pula.

Artikel Terkait:

Comente!!

Post a Comment