Tuesday, May 5, 2009

Cara Merawat Rambut Palsu/ Wig


Bila anda sering menggunakan rambut palsu dan anda memiliki beberapa koleksi wig maka anda harus merawatnya agar tidak mudah rusak.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam merawatnya, simak berikut ini.

Anda harus melakukan pencucian agar rambut palsu anda terlihat segar. Caranya adalah dengan sikat rambut palsu mengikut aliran rambutnya. Guna air bersih yang dingin lalu campurkan sedikit shampo. Celupkan sesaat rambut palsu ke dalam air shampo sambil gerakkan tangan perlahan–lahan tetapi janganlah anda peras rambut tersebut karena akan merusak tekstur rambut tersebut. Kemudian angkat rambut palsu dan bilas bersama air bersih yang baru selama lebih kurang satu menit. Buangkan air dari rambut palsu dengan gerakan tangan perlahan lalu keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih tetapi jangan anda menggosok wig anda. Keringkan di tempat yang teduh dan biarkan diangin-anginkan. Janganlah anda jemur di bawah panas terik matahari atau menggunakan alat pengering rambut karena akan merusak penampilan rambut palsu. Jika rambut palsu anda sudah kering maka sikatlah rambutnya dan gantungkan di atas ‘wig stand’. Hal yang perlu anda perhatikan adalah janganlah anda gunakan air panas saat mencuci rambut palsu karena hanya akan merusak rambut palsu anda saja. Apabila mencuci atau membilas rambut palsu dan jangan sikat atau gosok rambutnya. Hindari mencuci dengan menggunakan mesin pencuci busana. Jauhkan rambut palsu anda dari sinar matahari, alat pengering rambut atau alat pemanas lainnya.ondisi rambut pemakai wigs harusnya sesuai dengan bahan rambut palsu yang dipilih. Karena itu, jangan asal membeli wigs.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika memilih wigs. Sebagai acuan, berikut ini beberapa kiat praktis memilihnya:

1. Ketika hendak membeli wig, jangan tergesa-gesa, sediakan cukup waktu untuk memilih. Coba bermacam-macam wig, dengan panjang-pendek dan gaya yang berbeda. Cocokkan dengan bentuk wajah kita. Contohnya, jika wajah kita panjang, pilihlah wig gaya rambut pendek.


2. Pilih bahan pembuat wig yang terbaik bagi kita, dari rambut asli atau rambut sintetis, dikaitkan dengan kesan yang ingin kita hadirkan dengan wig. Untuk kesan “liar” dan “gila-gilaan”, lebih pas wig dari rambut sintetis. Sementara itu, untuk kesan natural, lebih cocok wig dari rambut asli.


3. Pilih ukuran wig yang sesuai dengan ukuran kepala kita. Ketika kita pasang, wig tidak terlalu ketat atau kelewat longgar di kepala.


4. Untuk kesan alami, pilih wig dengan warna yang dekat dengan warna rambut asli kita. Warna seperti itu akan pula cocok dengan warna kulit dan alis mata. Di samping itu, Ketika mengenakan wig, kita bisa menarik keluar beberapa helai rambut asli kita supaya rambut kita tampak lebih alami.

Agar Awet, Tahan Lama

SAYANG dong, harganya mahal-mahal tapi rusak hanya beberapa kali pakai? Karena itu, perhatikan beberapa tips perawatan wigs berikut ini:

1. Wig yang masih baru bisa dilembutkan dengan mencucinya dengan shampo yang lembut. Bisa juga dengan merendamnya selama kira-kira 30 menit di dalam air yang dicampur dengan sedikit pelembut kain. Setelah itu, keringkan wig dengan diangin-angin.

2. Untuk memertahankan bentuknya, pasang wig pada manekin khusus bagian kepala dan leher. Jika harus membawa wig dalam perjalanan, bolak-baliklah bagian dalam dan bagian luar wig. Masukkan pula wig ke dalam kantong plastik atau kantong jaring khusus untuk wig. Menggulung wig tak akan merusak desainnya dan kantong plastik membantu mlindunginya dari debu.

3. Ketika memberi shampo, usaplah wig dari atas ke bawah.


4. Untuk mengembalikan ikal pada wig sintetis, jangan menyikatnya selagi basah. Keringkan dulu dengan diangin-angin, baru ditata lagi.


5. Sisir atau sikat plastik penting untuk menjadikan wig tidak kusut. Sisirlah wig dengan arah dari atas ke bawah. Jangan menggunakan sikat nilon biasa. Rambut wig bisa tercabut karenanya.



Keindahan Rambut Asli Tak Terkalahkan

BAGAIMANAPUN yang namanya barang asli, tentu jauh lebih nyaman ketimbang yang palsu. Demikian juga dengan rambut, tentu lebih nyaman tampil dengan rambut orisinil anugerah Tuhan. Masalahnya, tak semua orang paham perawatan rambut sehat.

Padahal bila rambut asli benar-benar dijaga kesehatan dan kesuburannya, maka praktis pemakaian rambut palsu bisa dihindari. Berikut ini tips-tips menjaga kesehatan rambut agar anda tak perlu ribet-ribet berurusan dengan rambut palsu lantaran rambut asli yang suka bermasalah:

Tips agar rambut anda sehat dan kuat
- Kembangkan kebiasaan hidup Sehat. Jika Anda perokok, maka mulai hentikan kebiasaan ini. Lakukan olah raga secara teratur, makan makanan dengan gizi seimbang dan gunakan teknik relaksasi untuk meredakan stres.

- Usahakan untuk selalu tidur nyenyak setiap malam. Jangan membawa beban sebelum tidur, karena hal itu dapat menyebabkan tidur Anda terganggu, dan sirkulasi darah yang tak lancar membuat rambut Anda jadi kusam.

- Jika Anda menggunakan produk-produk penata rambut dan kosmetik, hindari produk yang berbahan alkohol dalam konsentrasi tinggi. Jangan mengoleskan produk penata rambut langsung di kulit kepala, hal ini dapat menutupi pori-pori di kepala Anda, dimana itu dapat merusak kulit kepala dan rambut Anda. sisir rambut dengan arah ke bawah

- Jika Anda gemar berenang, sebelum melompat ke kolam renang basahi dulu rambut Anda dengan air biasa. Air kolam renang biasanya dicampur kaporit, yang tentunya tak bagus buat rambut.

- Gunakan pengering rambut dengan seting dingin. Udara panas dari pengering dapat membuat rambut kering dan rusak. Gunakan pengering rambut dengan merata, bukan terus-menerus di satu tempat. Sebelum menggunakan pengering rambut, gosok rambut basah dengan handuk kering terlebih dahulu, lalu gunakan pengering untuk mengeringkan rambut yang sudah setengah kering. - Gunakan sisir yang terbuat dari kayu, bahan ini bagus untuk menjaga agar rambut Anda tak mudah rontok. Selalu gunakan sisir yang bersih, untuk itu bersihkan sisir Anda dengan sabun atau shampo secara teratur. Selalu sisir rambut dengan arah turun.

- Pilih shampo dengan kualitas terbagus. Gunakan metode trial and error dalam memilih shampo, dan pilih yang paling sesuai untuk rambut Anda. Agar Rambut Berkilau

TERKADANG kita malu campur jengah apabila rambut kita tampak kusam dan lusuh dalam hal ini kaum wanita lebih care dibandingkan kaum pria. Namun seiring dengan perkembangan zaman kita tidak perlu risau atau bersusah payah lagi, karena sudah banyak produk-produk shampo yang menawarkan produknya bisa membuat rambut indah berkilau. Namun kita juga jangan melupakan cara tradisional yang sudah ada dan hasilnya juga kadang lebih berkilau dari cara modern.

Berikut ada juga tips tradisional untuk menjaga rambut agar berkilau secara natural.
Campur satu sendok makan madu dengan 4 cangkir air hangat. Setelah selesai keramas seperti biasa dengan memakai shampoo tuangkan cairan campuran tadi ke seluruh rambut secara merata, jangan dibilas! Keringkan seperti biasa. Anda lihat hasilnya.. Selamat mencoba!!

Artikel Terkait:

1 Comentário:

Unknown said...

makasih infonya kunjungi juga blog aku ea kak
Cara Merawat Rambut Secara Alami

Post a Comment